Rabu, 17 Juni 2009

Indonesia Menangkan Kompetisi Robot di San Francisco

SAN FRANCISCO - Tim robot dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) sukses meraih medali emas di ajang International Robo Games yang diselenggarakan pada 12 hingga 14 2009 di San Francisco, AS.

Menurut keterangan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco, juri memberikan kemenangan pada tim Indoenesia karena sangat terkesan melihat penampilan robot pemadam kebakaran DU-114 yang bisa mematikan sumber api dengan cepat menggunakan semprotan air otomatis. Demikian keterangan yang dikutip dari Xin Hua, Selasa (16/6/2009).

Sementara robot lainnya yang masih besutan mahasiswa UNIKOM Stevanus Akbar bernama NEXT-116 belum berhasil memenangkan medali. Namun bagaimanapun, juri tetap memeberikan penghargaan yang membanggakan dengan menobatkan NEXT-116 sebagai robot yang paling spektakuler dalam kategori penjurian.

NEXT - 116 merupakan robot yang memiliki delapan tangan yang ikut bertanding dalam kategori Open Fire Fighting Autonomous Robot.

Kemenangan ini tentu saja sangat membanggakan, karena ini adalah kali pertama tim robot Indonesia mengikuti kompetisi robot di luar negeri. Tim dari UNIKOM berhasil mengalahkan tim lain dari negara-negara maju termasuk tim robot dari AS sebagai tuan rumah kompetisi ini. (srn)

Rachmatunnisa - Okezone

0 komentar:

Posting Komentar